Penjelasan, Pengertian, Fungsi dan Jenis - Jenis Keyboard, Mouse, Monitor, Speaker, Printer, Heatsink dan Kipas Processor

Penjelasan, Pengertian, Fungsi dan Jenis - Jenis Keyboard, Mouse, Monitor, Speaker, Printer, Heatsink dan Kipas Processor 

    Keyboard adalah Hardware yang wajib ada dalam sebuah Komputer, Keyboard berfungsi untuk Mengetik dan memasukkan Huruf, Angka atau Simbol tertentu ke Software atau SO yang dijalankan oleh Komputer.
Keyboard memiliki beberapa fungsi khusus apabila dua atau tiga tombol ditekan secara bersamaan.
Keyboard tipe Baru biasanya memiliki Tombol tambahan diatas Tombol Fungsi (F1, F2, F3, F4, F5, sampai dengan F12) untuk mempermudah pengoperasian Komputer. Selain itu Keyboard juga ada yang mendukung Teknologi Nirkabel (tanpa kabel).

Mouse

 
   Mouse merupakan salah satu Hardware Utama yang harus ada dalam sebuah Komputer, karena berfungsi untuk memasukkan data berupa Pointer atau Penunjuk yang memberikan perintah kedalam Komputer.
Mouse termasuk ke dalam Unit Input, karena berfungsi untuk memasukkan data ke dalam Komputer. Mouse berbentuk seperti tikus.
Mouse Pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart dari bahan Kayu dan memiliki 1 tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol, pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan Mouse yang dapat mengetahui Posisi X dan Y pada layar Komputer, yang dikenal dengan nama X - Y Position Indicator (indikator Posisi X - Y).
Bentuk Mouse paling umum memiliki 2 Tombol. Namun, Komputer yang Berbasis Machintos biasanya menggunakan Mouse 1 Tombol.
Mouse Bekerja dengan menangkap Gerakan menggunakan Bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih Modern sudah menggunakan Teknologi Nirkabel (Tanpa Kabel),  baik yang berbasis Radio, Sinar Inframera maupun Bluetooth.
Mouse Terbaru menggunakan Sistem Laser, sehingga Resolusinya dapat mencapai 2000 Titik per Inci atau Dot per Inch (Dpi), bahkan ada mouse yang Memiliki resolusi hingga 4800 Dpi, biasanya mouse ini diperuntukkan untuk penggemar Video Game.


Monitor

 
 Monitor adalah Komponen Komputer yang digunakan untuk Menampilkan Hasil Kerja sebuah Komputer.
Ketajaman sebuah Monitor dapat diukur dari tingkat Resolusinya, ukuran Resolusi inti ditentukan oleh Picture Element (Jumlah Piksel) yang merupakan Titik Terkecil penghasil Tampilan Layar. Semakin besar Resolusinya, maka semakin Bagus kualitas Gambar Monitor.

Berikut adalah beberapa Jenis - jenis Monitor

1). Monitor CRT
Monitor CRT (Chatode Ray Tube atau Tabung Sinar Katoda) adalah Monitor yang terbuat dari Tabung Hampa, Monitor ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dwngan Monitor LCD. Monitor ini memiliki bentuk relatif lebih besar dan berat.
2). Monitor LCD
Monitor LCD (Liquid Crystal Display atau Tampilan Kristal Cair) adalah suatu jenis media tampilan yang menggunakan Kristal Cair sebagai Penampil Utama. LCD dapat menampilkan Gambar lebih baik daripada Monitor CTR dengan tingkat Resolusi yang Tinggi.
3). Monitor TFT - LCD (Touch Screen)
Monitor TFT - LCD (Thin Film - Transistor Liquid Crystal Display) adalah varian LCD yang menggunakan Teknologi TFT untuk meningkatkan Kualitas Gambar TFT - LCD adalah salah satu tipe LCD Active Matrix, TFT - LCD digunakan pada Televisi, Monitor Komputer, Handphone, Personal Digital Assistant (PDA) dan Sistem Navigasi.


Speaker 

 
  Speaker merupakan Perangkat Eksternal yang digunakan untuk mendengarkan Output Suara yang dihasilkan oleh sebuah Komputer atau Perangkat Multimedia.


Printer

 
  Printer adalah Alat yang berfungsi untuk Mencetak Data pada Komputer, baik berupa Teks maupun Gambar atau Grafis pada sebuah Kertas.

Berdasarkan Jenis Tintanya, Printer dapat dibedakan sebagai berikut:

1)      Printer Dot Matrix
  Printer Dot Matrix atau Printer Impact Matrix adalah tipe Printer dengan Print Head yang Mundur dan Muncul diatas Halaman, serta proses percetakannya menggunakan Pita seperti Mesin Ketik. (menggunakan Pita yang ditekan ke Kertas)
2)      Printer Inkjet
  Printer Inkjet merupakan Jenis Printer yang paling banyak digunakan. Printer Inkjet bekerja dengan mendorong Tetesan Material Cair (Tinta) ke semua Halaman.
3)      Printer Laserjet
   Printer Laserjet adalah tipe umum Printer Komputer yang dapat mencetak Teks atau Gambar dengan Kualitas yang Tinggi pada Kertas dengan Cepat. Printer Laserjet bekerja dengan menggunakan Bubuk Tinta dan Prinsip kerja Printer ini yaitu dengan Scan berkas Laser secara langsung melalui Foto Reseptor Printer.
4)      Scanner
  Scanner merupakan Perangkat yang digunakan untuk memindahkan suatu Bentuk atau Sifat Benda, seperti Dokumen, Foto, dan sebagainya.
Pada umumnya Hasil Scanning akan ditransformasikan ke dalam Komputer sebagai Data Digital.
Bentuk dan Ukuran Scanner bermacam – macam, ada yang berukuran Foto dan berukuran Postcard.
Kualitas Gambar yang dihasilkan sangat dipengaruhi oleh tingkat Resolusi. Semakin tinggi Resolusi maka Gambar akan semakin mirip aslinya.

Heatsink dan Kipas Processor

 
  Merupakan Perangkat yang berperan penting menjaga Suhu Prosessor. Suhu merupakan Faktor penting yang mempengaruhi kerja Komputer secara keseluruhan perangkat komputer dapat mengalami penurunan kinerja hingga mengalami kerusakan jika dipaksa pada keadaan suhu tinggi.

Baca Juga :




Sekian artikel saya Kali ini tentang Pengertian dan Faktor yang mempengaruhi Kecepatan Processor & Macam - macam dan Perbedaan Motherboard Secara Lengkap.
Terima kasih sudah mampir di BisaKom.com
Tunggu Artikel Kami Berikutnya
Jangan Lupa Komentarnya.


EmoticonEmoticon