Mengenal Tentang Suku Yang Ada Di Kalimantan Timur

Mengenal Suku di Kalimantan Timur

Kalimantan Timur (disingkat Kaltim) ialah sebuah provinsi Indonesia di Pulau Kalimantan unsur ujung unsur timur yang berbatasan dengan Malaysia, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Sulawesi. Luas total Kaltim ialah 129.066,64 km² dan populasi sebesar 3.6 juta. Kaltim adalahwilayah dengan kepadatan warga terendah keempat di nusantara. Ibukotanya ialah Samarinda.


Persentase Suku di Kalimantan Timur

Dayak 30.24%
Banjar 20.81%
Kutai 12.45%
Paser 9.94%
Jawa 7.80%
Bugis 2.21%
Toraja 1.89%
Sunda 1.57%
Madura 1.32%
Buton 1.25%
Lain-lain (10.51%)


Agama di Kalimantan Timur

Islam 85.57%
Kristen Protestan 9.41%
Katolik 4.17%
Budha 0.49%
Hindu 0.28%
Konghucu 0.05%
Kaharingan 0.03%



Suku di Kalimantan Timur

Suku Kejin

Orang Kejin ialah salah satu unsur dari kumpulan suku bangsa Dayak Kenyah yang bertempat tinggal sejumlah pemukiman di distrik Kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur, laksana Kabupaten Kutai dan Kabupaten Bulungan.

Suku Lepo Bakung

Lepo Bakung ialah salah satu sub suku bangsa Kenyah. Mereka bertempat tinggal di desa Long Payau, Long Metulang, Leng Dumo, Tebuan dan Lebusan. Semuanya di distrik Kecamatan Kayan Hulu, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Timur. Sebagian berdiam di desa Long Metun dan Sungai Ana di Kecamatan Kayan Hilir. Jumlah populasinya selama 2.000 jiwa.

Suku Lepo Jalan

Lepo Jalan pun termasuk di antara sub suku bangsa Kenyah yang bertempat tinggal di sejumlah desa di dalam distrik Kecamatan Kayan Hulu, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Timur. Desa mereka antara beda Long Ampung dengan jumlah populasi selama 100 jiwa.

Suku Lepo Mant

Orang Lepo Mant ialah salah satu sub suku bangsa Kenyah yang bertempat tinggal di sejumlah Kecamatan Kabupaten Kutai, Provinsi Kalimantan Timur.

Suku Segayi

Orang Segayi bertempat tinggal di sejumlah desa di distrik Kecamatan Kelai, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Populasinya selama 350 jiwa.
Baca pun Suku-Suku Di Kalimantan Barat

Suku Tagel

Orang Tagel bertempat tinggal di wilayah pedalaman Kalimantan Timur, yakni di sejumlah desa dalam distrik Kecamatan Lumbis, Kabupaten Bulungan, Jumlah populasi mereka selama 2.500 jiwa. Ada pun yang menyebutnya Dayak Tegalan.


EmoticonEmoticon