Mengenal Tentang Suku yang Ada Di Kalimantan Barat

Mengenal Kalimantan Barat

Kalimantan Barat (Kalbar) merupakan provinsi di Indonesia dan terletak di Pulau Kalimantan dan dengan ibu kota Provinsinya yaitu Kota Pontianak. Provinsi Kalimantan Barat memiliki luas wilayah 146.807 km² (Setara dengan 7,53% luas Indonesia). Merupakan provinsi terluas yang keempat sesudah Papua, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Baca juga : Suku di Kalimantan Selatan

Persentase Suku di Kalimantan Barat

Suku Dayak 25.56%
Suku Melayu 43,1%
Suku Jawa 8.66%
Tionghoa 8.17%
Suku Madura 6.27%
Suku Bugis 3.13%
Suku Sunda 1.13%
Suku Batak 0.60%
Suku Daya 0.52%
Suku Banjar 0.33%
Lain-lain 1.33% 


Agama di Kalimantan Barat

Agama Islam 55.68%
Agama Katolik 23.50%
Agama Kristen Protestan 13.62%
Agama Buddha 6.73%
Agama Khonghucu 0,26%
Agama Hindu 0.21%


Suku Di Kalimantan Barat


Suku Menyuke

Suku Menyuke atau Dayak Menyuke bertempat tinggal di beberapa desa di wilayah Kecamatan Ngabang, Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat. Jumlah populasinya suku ini sekitar 7.600 jiwa.

Suku Kayung

Suku Kayung atau Dayak Kayung bertempat tinggal di beberapa desa di wilayah Kecamatan Nanga Tayap, Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat. Desa-Desa itu antara lain yaitu Kebuai, Tanjung Beringin, Tanjung Bunga dan juga Riau Batu. Jumlah populasi suku ini sekitar 1.300 jiwa.

Suku Sebaruk

Suku Sebaruk bertempat tinggal di lingkungan wilayah Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang dan juga di Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat. Jumlah populasi suku ini sekitar 34.000 jiwa.

Suku Seberuang

Suku Seberuang bertempat tinggal di beberapa desa di wilayah Kecamatan Sepauk, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat. Jumlah populasi suku ini sekitar 5.000 jiwa.

Suku Sekadau

Suku Sekadau bertempat tinggal di wilayah pedalaman Provinsi Kalimantan Barat, tepatnya di sebelah utara bagian tengah Sungai Kapuas, pada wilayah Kabupaten Sanggau.

Suku Sum

Suku Dayak Sum atau Daruk ini bertempat tinggal di beberapa desa di wilayah kecamatan Bonti, Kabupaten Sanggau, di Provinsi Kalimantan Barat. Jumlah populasi suku ini sekitar 2.500 jiwa.


Suku Sungkung

Suku Sungkung bertempat tinggal di beberapa desa di Kecamatan Kapuas dan juga Sekayam di Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat. Dan juga ditemukan sebagian di Kecamatan Sejangkung Kabupaten Sambas. Jumlah populasi suku ini sekitar 17.500 jiwa.

Suku Suruk

Suku Suruk bertempat tinggal di beberapa kampung di wilayah Kecamatan Bunut Hilir, pada Kabupaten Kapuas Hulu, di Provinsi Kalimantan Barat. Jumlah populasi suku ini sekitar 6.000 jiwa.

Suku Taba

Suku Taba atau Dayak Perairan bertempat tinggal di beberapa desa pada wilayah di bagian pesisir dari Kecamatan Batang Tarang, Kabupaten Sanggau, di Provinsi Kalimantan Barat. Jumlah populasi suku ini sekitar 2.500 jiwa.

Suku Taman

Suku Taman dari sebagian ahli menganggap merupakan bagian dari kelompok yang di sebut suku bangsa Maloh. Suku ini bertempat tinggal di wilayah Kecamatan Kembayan, Sekadau Hilir, Nanga Taman, Nanga Mahap tepatnya di Kabupaten Sanggau, dan juga di Kecamatan Bunut Hulu tepatnya di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat. Populasi suku ini sekitar 35.000 jiwa.

Suku Telaga

Orang Telaga bertempat tinggal di desa Serimbau di wilayah Kecamatan Air Besar, Pontianak, pada Provinsi Kalimantan Barat. Jumlah populasi Suku ini diperkirakan sekitar 4.500 jiwa.

Sumber: Wikipedia, suku-dunia.blogspot.com, dll.


EmoticonEmoticon